Modus Penipuan Baru, Kerja Parah Waktu & Sewa Server AI, OJK Bongkar Modusnya

Iklan

terkini

IKLAN

Modus Penipuan Baru, Kerja Parah Waktu & Sewa Server AI, OJK Bongkar Modusnya

, Wednesday, October 02, 2024 WIB Last Updated 2024-10-02T03:54:45Z
DUNIAOBERITA -  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada terhadap meningkatnya modus penipuan dan investasi bodong yang kini semakin bervariasi. 

Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan OJK, menyebut bahwa penipuan kini tidak hanya terbatas pada modus klasik seperti undian berhadiah, tetapi sudah berkembang menjadi modus yang lebih canggih.

"Namanya modus penipuan tuh memang menarik," ungkap Kiki dalam konferensi pers RDK OJK Selasa 1 Oktober 2024, dilansir duniaoberita dari CNBC Indonesia. 

Salah satu modus yang menonjol adalah penawaran pekerjaan paruh waktu, di mana masyarakat yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) menjadi sasaran. Tawaran kerja ini sering kali tampak mudah dengan imbalan awal yang menarik. Namun, pada akhirnya korban diminta melakukan top-up dana untuk mendapatkan keuntungan lebih, dan ketika mereka lengah, dana tersebut hilang.

Selain itu, Friderica juga menyoroti penipuan yang berkedok investasi dalam teknologi kecerdasan buatan (AI). Banyak masyarakat yang tertarik dengan tren AI dan terjebak dalam investasi palsu dengan janji-janji keuntungan besar. Pada akhirnya, uang yang telah diinvestasikan tidak kembali.

OJK mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan memeriksa dengan cermat sebelum melakukan investasi, terutama terhadap penawaran yang terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Modus Penipuan Baru, Kerja Parah Waktu & Sewa Server AI, OJK Bongkar Modusnya

Ikuti saluran WhatsApp DUNIAOBERITA.COM

https://whatsapp.com/channel/0029VaR4VprG8l5G8u1QKt0S

Terkini

Topik Populer

Iklan