Inilah Profil Sultan Bachtiar Najamudin, Ketua DPD RI Terbaru

Iklan

terkini

IKLAN

Inilah Profil Sultan Bachtiar Najamudin, Ketua DPD RI Terbaru

, Wednesday, October 02, 2024 WIB Last Updated 2024-10-02T06:14:25Z

Sumber Foto: Antara

DUNIAOBERITA - Sultan Bachtiar Najamudin berhasil memenangkan pemilihan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk periode 2024-2029, mengalahkan La Nyalla Mattalitti dalam pemungutan suara yang berlangsung Rabu dini hari, 2 Oktober 2024.

Sultan lahir di Anggut, Pino, Bengkulu Selatan, pada 11 Mei 1979. Sebelum terjun ke dunia politik, ia dikenal sebagai seorang pengusaha. Perusahaannya, ASA Karya Group, bergerak dalam bidang penjualan senjata, bahan peledak, dan tabung gas berskala nasional.

Pada 2009, Sultan memulai karier politiknya dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI mewakili Bengkulu, dan berhasil lolos. Tiga tahun kemudian, ia mengundurkan diri dari DPD setelah terpilih menjadi Wakil Gubernur Bengkulu untuk sisa masa bakti 2010-2015. Namun, ketika mencalonkan diri sebagai gubernur Bengkulu, ia tidak berhasil menang.

Pada 2019, Sultan kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI dan terpilih dengan perolehan suara tertinggi. Selama periode itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD RI, di bawah kepemimpinan La Nyalla Mattalitti.

Sultan adalah lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Prof. Dr. Moestopo. Ia juga aktif dalam berbagai organisasi seperti HIPMI Bengkulu, KONI Bengkulu, dan KADIN DKI.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Inilah Profil Sultan Bachtiar Najamudin, Ketua DPD RI Terbaru

Ikuti saluran WhatsApp DUNIAOBERITA.COM

https://whatsapp.com/channel/0029VaR4VprG8l5G8u1QKt0S

Terkini

Topik Populer

Iklan