Soal PK Kubu Moeldoko, Sempat Mengatakan Enggak Masuk Akal Kalau Dimenangkan Mungkin Hakimnya Mabuk, Mahfud MD Kembali Menjelaskan Maksudnya

Iklan

terkini

IKLAN

Soal PK Kubu Moeldoko, Sempat Mengatakan Enggak Masuk Akal Kalau Dimenangkan Mungkin Hakimnya Mabuk, Mahfud MD Kembali Menjelaskan Maksudnya

, Thursday, August 03, 2023 WIB Last Updated 2023-08-03T01:52:40Z
DUNIAOBERITA.COM - Kabar mengejutkan terkait Menko Polhukam Mahfud MD menjelaskan maksud dari pernyataannya terkait dengan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan kubu KSP Moeldoko atas SK Menkumham tentang kepengurusan Partai Demokrat.

Pernyataan soal PK Moeldoko itu sempat disampaikan Mahfud dalam video yang diunggah oleh YouTube Rhenald Kasali beberapa waktu lalu.

"Enggak masuk akal kalau dimenangkan (PK kubu Moeldoko) mungkin hakimnya mabuk itu," kata Mahfud dalam video tersebut, dilansir duniaoberita dari CNN Indonesia. 

Saat menjawab pertanyaan wartawan, Mahfud mengatakan dalam persoalan PK itu, dirinya tidak membela Partai Demokrat, namun membela keputusan pemerintah.

"Soal PK-nya Pak Moeldoko terhadap Partai Demokrat itu ya, saya tidak membela Partai Demokrat. Saya membela pemerintah yang membuat keputusan, yang membuat keputusan itu saya bersama Menkumham. Resminya ditandatangani Menkumham tapi saya bekerja dengan dia," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (2/8).

Ia menjelaskan gugatan kubu Moeldoko itu telah kalah dalam tingkatan pengadilan sebelumnya. Sehingga, kata dia, saat diajukan PK, ia membelanya.

"Digugat ke pengadilan, kita bela. Menang. Naik banding, kita bela lagi keputusan pemerintah, menang. Kita bela lagi ke tingkat Mahkamah Agung lalu menang, kan sudah inkrah. Lalu sekarang ada PK, ya saya bela dong ini kan keputusan pemerintah dimana saya ikut membuat," ucapnya.

"Sudah kalah di Menkumham, kalah di tiga tingkat pengadilan, ya berharap terlalu banyak untuk menang itu, menurut saya ya agak kurang masuk akal meskipun bisa saja, kalau ada mukjizat. Termasuk hakimnya menurut saya, hakim yang rasional ya sudah, itu kan hanya soal keputusan sah atau tidak sah," ujar Mahfud.

Atas dasar itu, ia pun menepis anggapan bahwa PK yang diajukan kubu Moeldoko itu adalah bentuk upaya pemerintah untuk 'mengerjai' Partai Demokrat.

"Orang menuduh, ini pemerintah ini ngerjain Partai Demokrat lagi. Tidak ada urusannya. Kita tidak ada urusan dengan Partai Demokrat. Saya membela keputusan pemerintah, karena ini adalah yang digugat bukan Partai Demokrat, tapi keputusan pemerintah. Maka saya bela, karena saya yang ikut membuat keputusan itu," ujarnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Soal PK Kubu Moeldoko, Sempat Mengatakan Enggak Masuk Akal Kalau Dimenangkan Mungkin Hakimnya Mabuk, Mahfud MD Kembali Menjelaskan Maksudnya

Ikuti saluran WhatsApp DUNIAOBERITA.COM

https://whatsapp.com/channel/0029VaR4VprG8l5G8u1QKt0S

Terkini

Topik Populer

Iklan