Edy Rahmayadi Respon Sistem Pemilu Proposional Tertutup

Iklan

terkini

IKLAN

Edy Rahmayadi Respon Sistem Pemilu Proposional Tertutup

, Thursday, June 01, 2023 WIB Last Updated 2023-06-01T11:13:29Z
DUNIAOBERITA.COM - Kabar terkait adanya Pro kontra wacana sistem proporsional tertutup terus menjadi polemik di dunia politik di tanah air ini. 

Sebagaimana dilansir dari Medan Viva, disebutkan bahwa Gubernur Sumatera, Edy Rahmayadi mendukung Pemilu tahun 2024, menerapkan proporsional terbuka.



Edy  menilai sistem proporsional terbuka, agar rakyat memiliki hak untuk mengetahui sosok wakil rakyat yang akan dipilih. Namun, semua itu akan ditetapkan dalam proses sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dari dulu, mulai reformasi adalah dilaksanakan terbuka, terbuka ini yang terbaik untuk indonesia, tetapi di Eropa bukan yang terbaik," sebut Gubernur Edy kepada wartawan di rumah dinas Gubernur Sumut, di Kota Medan, Rabu 31 Mei 2023.

"Apa sih tertutup, berarti wewenang full oleh partai, semua ditentukan oleh partai, calon-calon dan sebagainya. Kalau terbuka, itu manusianya yang dipilih oleh rakyat, one men one vote," kata Gubernur Edy.
Dengan begitu, Gubernur Edy menilai, dengan perkembangan sistem demokrasi yang dianut Indonesia sejak reformasi. Sistem pemilu proporsional terbuka masih sangat perlu dilakukan di Indonesia. (Bar/Kat)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Edy Rahmayadi Respon Sistem Pemilu Proposional Tertutup

Ikuti saluran WhatsApp DUNIAOBERITA.COM

https://whatsapp.com/channel/0029VaR4VprG8l5G8u1QKt0S

Terkini

Topik Populer

Iklan