Tanda - Tanda Anda sedang Dipantau Google 24 Jam, Sekaligus Solusinya

Iklan

terkini

IKLAN

Tanda - Tanda Anda sedang Dipantau Google 24 Jam, Sekaligus Solusinya

, Monday, September 09, 2024 WIB Last Updated 2024-09-08T17:56:16Z
DUNIAOBERITA - Google mengumpulkan data dari penggunanya terutama melalui layanan seperti pencarian, Gmail, Google Maps, YouTube, dan Android. Ini dilakukan untuk menyediakan iklan yang lebih relevan, menyempurnakan layanan, dan memberi saran yang dipersonalisasi. Untuk mengetahui apakah Anda sedang dipantau oleh Google, ada beberapa hal yang bisa diperiksa:

Tanda-Tanda Anda Dipantau oleh Google:
1. Riwayat Aktivitas Akun Google:
Anda dapat memeriksa riwayat aktivitas Anda yang dicatat oleh Google melalui [Google My Activity](https://myactivity.google.com). Di sana, Anda dapat melihat data pencarian, penelusuran web, dan aplikasi yang Anda gunakan.

2. Riwayat Lokasi:
Jika Anda menggunakan Google Maps atau perangkat Android, lokasi Anda bisa dilacak. Cek riwayat lokasi Anda di [Google Maps Timeline](https://www.google.com/maps/timeline).

3. Iklan yang Terpersonalisasi:
Google mengumpulkan data aktivitas Anda untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan minat. Anda bisa melihat dan mengelola data ini di [Google Ads Settings](https://adssettings.google.com).

4. Aplikasi Android:
Perangkat Android secara otomatis terhubung dengan layanan Google. Aplikasi-aplikasi ini sering meminta izin untuk mengakses lokasi, mikrofon, kamera, dan kontak.

Solusi untuk Mengurangi Pelacakan Google:
1. Kelola Aktivitas Akun:
Buka [Google My Activity](https://myactivity.google.com) dan nonaktifkan riwayat penelusuran, penelusuran lokasi, dan riwayat aplikasi. Anda juga dapat menghapus aktivitas yang sudah direkam.

2. Nonaktifkan Pelacakan Lokasi:
Matikan layanan lokasi di pengaturan perangkat Android atau di aplikasi Google Maps untuk mencegah Google melacak keberadaan Anda.

3. Gunakan Mode Penyamaran:
Saat menjelajah internet, gunakan mode penyamaran di browser agar aktivitas Anda tidak dicatat di akun Google.

4. Batasi Izin Aplikasi:
Periksa pengaturan aplikasi di perangkat Android dan batasi izin yang diberikan ke aplikasi, seperti akses ke lokasi, mikrofon, atau kamera.

5. Nonaktifkan Personalisasi Iklan:
Di [Google Ads Settings](https://adssettings.google.com), Anda dapat mematikan personalisasi iklan agar data Anda tidak digunakan untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan aktivitas Anda.

6. Gunakan VPN:
VPN dapat membantu menyembunyikan lokasi dan aktivitas online Anda dari Google dan layanan lainnya, namun ini hanya menutupi sebagian jejak online Anda.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi jumlah data yang dikumpulkan Google tentang Anda, meskipun mungkin tidak bisa menghilangkan seluruhnya karena beberapa layanan memerlukan pelacakan untuk berfungsi dengan baik.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanda - Tanda Anda sedang Dipantau Google 24 Jam, Sekaligus Solusinya

Ikuti saluran WhatsApp DUNIAOBERITA.COM

https://whatsapp.com/channel/0029VaR4VprG8l5G8u1QKt0S

Terkini

Topik Populer

Iklan