Profil Gus Ipul Menteri Sosial yang Baru Pengganti Risma

Iklan

terkini

IKLAN

Profil Gus Ipul Menteri Sosial yang Baru Pengganti Risma

, Wednesday, September 11, 2024 WIB Last Updated 2024-09-11T04:27:35Z
Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (Foto: Dok Pemkot Pasuruan)


DUNIAOBERITA - Presiden Joko Widodo  resmi melantik Saifullah Yusuf, yang lebih dikenal dengan sebutan Gus Ipul, sebagai Menteri Sosial di Istana Negara, Jakarta. Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharini, yang akan maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024.

Gus Ipul, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Wali Kota Pasuruan, diangkat menjadi Menteri Sosial berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 102B Tahun 2024. Dalam sumpah jabatannya, Gus Ipul berjanji untuk setia kepada UUD 1945 serta melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya demi bangsa dan negara.

Selain Saifullah Yusuf, Jokowi juga melantik dua pejabat lainnya, yaitu Aida Suwandi sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Irjen Polisi Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Saifullah Yusuf lahir di Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur, pada 28 Agustus 1964. Saat ini, Gus Ipul berusia 60 tahun. Ia adalah putra pasangan Ahmad Yusuf Cholil dan Sholichah Hasbulloh. Pendidikan formalnya ditempuh di Universitas Nasional, Jakarta, di mana ia mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Gus Ipul telah lama terlibat dalam organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan, termasuk menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta dan memimpin Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). Ia juga pernah menjadi Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor selama dua periode sebelum akhirnya bergabung dengan PBNU dan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal sejak Oktober 2022.

Dalam bidang politik, Saifullah Yusuf pernah menjadi anggota DPR RI dan Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur selama dua periode, mendampingi Soekarwo. Terakhir, Gus Ipul terpilih sebagai Wali Kota Pasuruan pada Pilkada 2020.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Profil Gus Ipul Menteri Sosial yang Baru Pengganti Risma

Ikuti saluran WhatsApp DUNIAOBERITA.COM

https://whatsapp.com/channel/0029VaR4VprG8l5G8u1QKt0S

Terkini

Topik Populer

Iklan