Basuki Memilih Menjadi Dosen Hidrogeologi Usai Tak Lagi Jadi Menteri

Iklan

terkini

IKLAN

Basuki Memilih Menjadi Dosen Hidrogeologi Usai Tak Lagi Jadi Menteri

, Monday, September 23, 2024 WIB Last Updated 2024-09-23T07:46:39Z


DUNIAOBERITA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan rencana masa depannya setelah tidak lagi menjabat sebagai menteri. Dia berencana untuk menjadi pengajar di bidang hidrogeologi. Masa jabatan Basuki akan berakhir pada Oktober 2024, bersamaan dengan berakhirnya masa kerja kabinet Presiden Joko Widodo.

“Saya mau mengajar, cukup satu mata pelajaran saja,” ujar Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Sabtu (21/9/2024). Ketika ditanya lebih lanjut mengenai mata pelajaran yang akan diajarkan, pria yang akrab disapa Pak Bas ini singkat menjawab, “Hidrogeologi.”, dilansir duniaoberita dari liputan6. 

Hidrogeologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pergerakan, distribusi, dan kualitas air tanah di bawah permukaan bumi. Ilmu ini fokus pada bagaimana air tanah terbentuk, bergerak, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Namun, Basuki belum memutuskan di mana ia akan mengajar. "Di mana saja," tambahnya singkat.

Perjalanan Karier Basuki Hadimuljono

Basuki Hadimuljono memulai karier di Kementerian Pekerjaan Umum setelah meraih gelar insinyur dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 1979. Selama lebih dari tiga dekade, ia berkontribusi dalam berbagai proyek infrastruktur nasional. Pada 2014, Presiden Joko Widodo mengangkat Basuki sebagai Menteri PUPR dalam Kabinet Kerja, dan kemudian kembali dipercaya menjabat pada periode kedua Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Selama menjabat, Basuki berperan besar dalam berbagai proyek besar, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kini, menjelang akhir masa jabatannya, ia berpamitan dan berharap hubungan baik dengan para mitra kerja tetap terjaga.

Latar Belakang Basuki

Lahir di Surakarta pada 5 November 1954, Basuki dibesarkan dalam keluarga militer sebagai anak keempat dari delapan bersaudara. Pendidikan dasar hingga menengahnya ia tempuh di berbagai kota di Indonesia, termasuk Palembang dan Papua, mengikuti penugasan ayahnya yang seorang tentara.

Setelah gagal diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB), Basuki melanjutkan studinya di Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM). Kariernya di Kementerian PUPR pun dimulai setelah ia lulus pada tahun 1979. Berkat kecakapannya, Basuki berhasil meraih beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Colorado State University, Amerika Serikat, di mana ia memperoleh gelar Master dan Doktor di bidang Teknik Sipil.

Kini, setelah dua periode menjabat sebagai menteri, Basuki siap melanjutkan kiprahnya di dunia akademis sebagai dosen hidrogeologi.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Basuki Memilih Menjadi Dosen Hidrogeologi Usai Tak Lagi Jadi Menteri

Ikuti saluran WhatsApp DUNIAOBERITA.COM

https://whatsapp.com/channel/0029VaR4VprG8l5G8u1QKt0S

Terkini

Topik Populer

Iklan