Alasan Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jakarta 2024, Dapat Perintah Langsung dari Sosok Ini

Iklan

terkini

IKLAN

Alasan Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jakarta 2024, Dapat Perintah Langsung dari Sosok Ini

, Monday, September 02, 2024 WIB Last Updated 2024-09-02T01:26:00Z
DUNIAOBERITA - Ridwan Kamil memutuskan untuk maju dalam Pilgub Jakarta 2024 dengan alasan khusus, meskipun peluang kemenangannya di Pilgub Jawa Barat 2024 lebih besar. 

Sejak muncul spekulasi beberapa bulan lalu mengenai keikutsertaannya dalam Pilgub Jakarta, banyak pihak menilai langkah tersebut berisiko. 

Selain harus menghadapi Anies Baswedan yang kala itu memiliki elektabilitas tertinggi di Jakarta, Ridwan Kamil juga dianggap kurang memiliki kedekatan dengan warga Jakarta.

Berdasarkan survei Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta hanya mencapai 8 persen. Namun, ia mendapatkan dukungan kuat dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari 15 partai, sehingga kini ia dianggap sebagai kandidat kuat. 

Kendati demikian, Ridwan Kamil tidak akan melawan Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilgub Jakarta 2024, melainkan Pramono Anung dan Dharma Pongrekun.

Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa ia maju dalam Pilgub Jakarta 2024 atas perintah dari Golkar dan arahan langsung dari presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. 

Awalnya, Ridwan Kamil mengakui lebih nyaman untuk maju di Pilgub Jawa Barat, tetapi setelah mempertimbangkan perintah tersebut, ia memutuskan untuk bertarung di Jakarta.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara komunitas relawan, di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2024).

"Saya dan pak Suswono sebenarnya bukan pilihannya sebenarnya, saya tidak melamar ke Jakarta, (tapi) ditugaskan," ujarnya, dilansir duniaoberita dari Tribunnews. 

"Karena saat ditanya, 'Kang Emil gimana? Ya saya nyamannya di Jawa Barat, kan incumbent, top approval ratingnya saya 90 persen di Jawa Barat, pengen jadi gubernur ada 70 persen'," imbuhnya.

"Jadi saya sebenarnya di sana (Jawa Barat), tapi perintah dari partai, arahan dari pak Prabowo Jakarta butuh teknokrat yang bisa memikirkan apa pasca tidak lagi jadi ibu kota," ucap mantan Gubernur Jawa Barat itu.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Alasan Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jakarta 2024, Dapat Perintah Langsung dari Sosok Ini

Ikuti saluran WhatsApp DUNIAOBERITA.COM

https://whatsapp.com/channel/0029VaR4VprG8l5G8u1QKt0S

Terkini

Topik Populer

Iklan