Akan Cair Minggu Ini! Mekanisme Pencairan Bansos PKH, Bansos BPNT Untuk Juli dan Agustus

Iklan

terkini

IKLAN

Akan Cair Minggu Ini! Mekanisme Pencairan Bansos PKH, Bansos BPNT Untuk Juli dan Agustus

, Wednesday, July 31, 2024 WIB Last Updated 2024-07-31T03:22:00Z
Foto : Ilustrasi/idxchannel

DUNIAOBERITA - Masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) alokasi Juli-Agustus 2024 harus mengetahui mekanisme pencairannya.

Pencairan PKH dan BPNT untuk alokasi Juli-Agustus 2024 akan dilakukan melalui PT. POS Indonesia secara tunai. Selain itu, KPM juga dapat menerima bantuan langsung melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Informasi mengenai semua jenis bantuan sosial dapat diakses melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG). Saat ini, penyaluran bantuan sosial belum ada yang dilakukan melalui KKS PKH maupun BPNT.

Update terbaru di SIKS-NG per Senin (29/7) menunjukkan bahwa status penyaluran BPNT dan PKH melalui bank Himbara telah berubah menjadi alokasi Juli-Agustus dan statusnya telah menjadi Surat Perintah Membayar (SPM). Dengan perubahan status menjadi SPM, penyaluran bansos BPNT dan pencairan PKH akan segera dilaksanakan.

Pada penyaluran sebelumnya, jika status sudah menjadi SPM, bantuan sosial biasanya ditransfer ke rekening masing-masing KPM dalam waktu seminggu. Status ini berubah menjadi SPM sekitar lima hari lalu pada Jumat (26/7).

Diperkirakan oleh akun YouTube Pendamping Sosial, minggu ini statusnya akan berubah menjadi SI atau sudah ditransfer ke rekening KPM. Pencairan bantuan sosial PKH yang dilakukan melalui PT POS juga telah berubah periodenya menjadi Juli-Agustus-September.

Adapun  untuk status PKH ini baru saja terupdate sekitar 3 hari yang lalu.

Bansos BPNT memang  lebih dulu terupdate jika dilihat pada laman SIKS-NG. 

Terkait penyaluran bantuan sosial yang cairnya melalui PT Pos perlu diketahui, untuk penyaluran bantuan sosial walaupun BPNT lebih dulu cair, biasanya pihak dari penyalur (PT Pos) akan menyalurkan bantuan sosial ini sekaligus.

Jadi, walaupun untuk dana bansos BPNT sudah masuk duluan, biasanya akan diulurkan waktu beberapa hari kemudian.

Sembari menunggu bantuan sosial PKH sudah selesai ditransfer masuk ke rekaning KPM masing-masing juga

Nah setelah dana bansos BPNT dan juga PKH semuanya sudah masuk ke pihak penyalur barulah kemudian pihak penyalur biasanya akan menyusun jadwal terkait jadwal penyaluran bantuan sosial di wilayah masing-masing.

Biasanya sebelum menyalurkan bantuan sosial akan menyebarkan undangan penyaluran bantuan sosial terlebih dahulu.

Sumber : radarsemarang




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akan Cair Minggu Ini! Mekanisme Pencairan Bansos PKH, Bansos BPNT Untuk Juli dan Agustus

Ikuti saluran WhatsApp DUNIAOBERITA.COM

https://whatsapp.com/channel/0029VaR4VprG8l5G8u1QKt0S

Terkini

Topik Populer

Iklan